Cara Bekerja Aman Pekerja Operator Mesin

Cara Bekerja Aman Pekerja Operator Mesin

Pada semua sektor industri yang menghasilkan barang dalam jumlah besar tentu menggunakan perlengkapan mesin yang beraneka jenis gunanya. Bersama dengan itu salah satu faktor yang seharusnya jadi perhatian menejemen perusahaan adalah pentingnya keselamatan para pekerja, terutama operator mesin. Operator mesin di industri berat harus memperhatikan keselamatan apalagi di industri minyak dan gas Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh operator mesin:

  1. Menggunakan pakaian yang aman (tidak longgar) dan jangan pernah menghentikan kerja mesin dengan menahan bagian mesin yang sedang bergerak dengan tangan kosong karena tenaga manusia tidak bisa melawan kekuatan gerakan mesin.
  2. Dilarang membuka alat pengaman atau tutup mesin yang sedang dioperasikan, mekipun dengan tujuan memberi pelumas, jadi harus ditunggu dahulu sampai mesin berhenti bekerja. selain itu gunakan alat safety seperti sepatu keselamatan, anda dapat mencarinya di toko sepatu safety online di internet. disana banyak tersedia sepatu keselamatan dengan berbagai harga sepatu safety murah di jakarta yang akan memenuhi keselamatan kerja anda.
  3. Menggunakan penutup rambut saat bekerja di bengkel agar tidak terjadi kecelakaan akibat rambut yang tersangkut pada mesin yang bekerja.
  4. Bila pekerjaan berhubungan dengan pisau mesin gergaji atau gerinda, seharusnya tidak berdiri di depan atau di posisi searah dengan putarannya dan jangan sampai menyentuhnya saat sedang melakukan pekerjaan
  5. Menggunakan kacamata pengaman saat melakukan pekerjaan yang menghasilkan beram (tatal logam).
  6. Pada pekerjaan yang membutuhkan kerja mengangkat dan menarik barang-barang, baiknya menggunakan sarung tangan untuk menghindari luka yang bisa terjadi pada telapak tangan.
  7. Menyusun perkakas kerja kembali pada tempatnya saat selesai digunakan dengan posisi yang aman.
  8. Mematikan sumber listrik dari mesin bila selesai digunakan atau akan diperbaiki serta melepaskan tuas dari hubungan roda gigi.
  9. Bila terjadi kerusakan pada benda kerja harap segera mengehentikan mesin dan mematikan aliran listriknya dan sebelum dipastikan aman jangan dinyalakan dahulu.
  10. Pada pekerjaan pengelasan diwajibkan menggunakan pelindung berupa pengaman mata dan pelindung badan.
  11. Baiknya area kerja dijaga kerapiannya dan meletakkan sekat agar bila terjadi percikan atau ada salah satu alat yang terlepas dari mesin tidak akan mengenai operator.
  12. Memakai pelindung bila menggunakan beram pada mesin-mesin yang sedang beroperasi dan jangan samapi membersihkan dengan tangan terbuka.
  13. Memastikan kalau alat-alat pengaman anggota tubuh sudah digunakan dengan benar.

Tentu saja keselamatan kerja operator mesin sangat tergantung juga pada kesadaran pribadi yang melakukan pekerjaan itu, meskipun juga diperlukan pengawasan dari pihak perusahaan agar tidak terjadi hal yang buruk saat proses produksi. Seperti yang sudah di utarakan di atas bahwa industri harus memenuhi standar keselamatan bagi para pegawainya. industri bahan bakar berkualitas adalah industri yang lebih memperhatikan keselamatan bagi para pekerjanya.

Tinggalkan komentar