Keselamatan Kerja dan Mencegah Kecelakaan Kerja Listrik

Untuk memberi keselamatan kerja di ruang kerja, dibutuhkan pengaturan gagasan kerja, bangun komunikasi, mengidentifikasi bahaya dan tingkatkan pengawasan. Tiap-tiap pekerja mesti memahami pada keselamatan kerja listrik manfaat menghindar terjadinya kecelakaan kerja.

Di bawah ini langkah dalam menghindar terjadinya kecelakaan kerja pada saat bekerja dengan listrik.

Beralas kaki

Saat bekerja dengan listrik, satu diantara hal yang harus di perhatikan yakni jangan pernah badan tersambung segera ke tanah, sebab tanah adalah kutub negatif pada tiap-tiap aliran listrik. Oleh karena itu saat tengah bekerja hadapi listrik, upayakan janganlah samai badan bersentuhan segera dengan tanah maupun bersentuhan dengan bumi. Gunakan sepatu safety anti listrik agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Senantiasa mengecek aliran listrik memakai test pen

Sebelumnya mengawali kerja, Anda harus meyakini pada kabel mana yang ada aliran listrik dan bagian mana kabel yang negatif dan kabel positifnya.

Untuk tahu hal itu manfaatkanlah Test Pen manfaat membedakan kabel negatif dan kabel positifnya. Telitilah aliran listrik pada tiap-tiap kabel itu hingga saat bekerja akan tidak tersengat listrik.

Mematikan sentral listrik ketika melakukan perbaikan listrik

Untuk lebih amannya, matikan saja sekringnya listriknya. Dengan hal tersebut aliran listrik pada rangkaian listrik pada lingkungan kerja akan terputus semua. Jika semuanya pekerjaan telah usai maka gunakan kembali sekeringnya.

Mengisolasi sambungan dengan baik

Jika diwajibkan untuk menyambung kabel, maka kerjakanlah sistem itu dengan sebaik-baiknya. Dalam menyambung kabel, baiknya manfaatkanlah isolasi yang kuat dan tahan lama. Saat sistem penyambungan kabel jangan sampai lakukan di satu tempat yang bersebrangan, namun kerjakanlah pada satu jarak tertentu seumpama sekitaran 1/2 mtr. pada sambungan yang satunya. Langkah ini mempunyai tujuan agar sambungan terlepas dari pertemuan atau korsleting, hingga rangkaian listrik di lingkungan kerja juga aman.

Bekerja bertemu dengan listrik memang membutuhkan basic pada listrik yang baik, hal semacam ini mempunyai tujuan karena bekerja dengan suatu hal yang tidak terlihat tetapi keberadaannya telah terang ada. Oleh karenanya senantiasa perhatikan keselamatan kerja listrik pada saat bekerja yang terkait dengan listrik maupun pekerjaan yang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s