Panduan Aman Bekerja Menggunakan Mesin Gerindra

Panduan Aman Bekerja Menggunakan Mesin Gerindra
Mesin gerinda potong merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memotong besi, plate dsb. Mesin ini menggunakan energi listrik. Tetapi kekurangan gerinda potong ini adalah..  tidak dapat memotong plate baja yang terlalu tebal.

Tidak terlalu sulit dalam menggunakan mesin gerinda potong. Tetapi ada banyak hal yang wajib Anda perhatikan dalam menggunakan mesin gerinda potong. Berikut ini langkah kerja dalam penggunaan mesin gerinda potong :
1.    Pastikan Anda sudah memakai safety. Diantaranya sarung tangan, kaca mata, dan sepatu safety. Ingat dalam bekerja harus memprioritaskan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Bila Anda ingin aman dalam bekerja, utamakan safety first.
2.    Pasangkan benda yang ingin Anda potong, pasangkan pada ragum, lalu diikat dengan kuat agar benda yang ingin dipotong tidak terlepas atau goyang ketika dipotong.
3.    Lalu pastikan kabel listrik sudah terhubung, lalu tekan tombol ON.
4.    Lalu letakkan tangan kiri Anda pada gagang mesin gerinda potong dan tekan tombolnya, lalu mata gerinda (roda gerinda) akan berputar kencang, lalu tekan gagang gerinda potong kebawah hingga mata potong gerinda dapat mengenai benda yang akan dipotong.
5.    Tekan dengan perlahan pada saat roda gerinda berputar, hingga benda jadi terpotong.
6.    Lakukan step itu sesuai keperluan.

TIPS AMAN MENGGUNAKAN MESIN GERINDA POTONG
1.    Ingat janganlah menyentuh dengan tangan kosong mata gerinda yang sedang berputar! BERBAYAHAYA!
2.    Pastikan benda yang sudah dipotong jangan disentuh dengan tangan kosong, karena benda itu jadi panas akibat gesekan dengan mata gerinda potong.
3.    Ketika mesin gerinda potong digunakan, upayakan Anda menghindari pandangan mata dari percikan apinya.
4.    Baiknya gunakan mesin gerinda potong ditempat yang tidak menganggu orang lain, karena suara mesin ini sangat berisik.
5.    Bila Anda miliki penyakit pernafasan, baiknya memakai pelindung pernafasan (masker), karena bau dari gesekan mata gerinda dan besi sangat menyengat.
6.    Pastikan posisi Anda nyaman, bila bekerja dalam waktu yang lama, jangan jongkok, namun ambilah kursi pendek dan duduk sambil bekerja.

7.   Jangan menyalakan mesin gerindra saat dekat bahan bakar yang mudah terbakar. jauhkan bahan bakar berkualitas dari api mesin gerindra.

BAGIAN MESIN GERINDA POTONG DAN FUNGSINYA :
1.    Saklar utama mesin, tidak lain dan tidak bukan, fungsinya untuk menghidupkan dan mematikan mesin (ON/OFF).
2.    Penutup roda gerinda (mata gerinda), gunanya untuk menutup mata gerinda yang berputar, hingga percikan api dan percikan serbuk besi tidak terkena mata dan kulit.
3.    Penjepit gerinda, gunanya untuk menjepit benda yang akan dipotong agar tidak terlepas atau bergeser ketika dipotong.
4.    Roda gerinda (mata gerinda) gunanya untuk memotong benda, mata gerinda ini akan diganti secara berkala bila telah aus.
5.    Kabel, gunanya untuk menghubungkan dengan listrik.

Secara keseluruhan saat menggunakan mesin gerindara adalah anda harus memperhatikan keselamatan kerja. salah satunya yang sudah di sebutkan di atas bahwa anda harus menggunakan alat keselamatan kerja yang sesuai standar. Jika anda hendak membeli alat keselamatan kerja seperti sepatu keselamatan. Anda dapat membelinya di toko online yang jual sepatu safety online

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s