Panduan Keselamatan Terhadap Benda Yang Sangat Mudah Terbakar

Benda Yang Sangat Mudah Terbakar

Banyak di antara kita yang tidak menyadari bahaya dari api, banyak kecelakaan yang terjadi karena penyebab api. paling sering yang terjadi adalah di industri yang dekat dengan api yaitu pengeboran. pemakain alat keselamatan disini sangat di tekankan. seperti penggunaan jaket safety atau rompi sepatu. Nah , jika anda membutuhka sepatu sebagai alat pelindung diri, anda dapat menemukan yang jual sepatu safety online, anda tinggal mencarinya di internet atau anda yang tinggal di jakarta dapat menemukan yang jual sepatu safety di jakarta dengan harga murah seperti di glodok.

 

Penggunaan benda-benda yang mudah terbakar merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Oleh karenanya, Anda harus mewaspadai penggunaan benda-benda itu apalagi ketika digunakan didalam rumah. Berikut tips keamanan dan keselamatan yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan benda-benda didalam rumah :

 

  1. Awasi nyala api ditempat terbuka

Bila Anda sering membuat nyala api ditempat terbuka seperti membakar sampah, membuat api unggun, atau membuat api untuk membakar sate/daging, pastikanlah nyala api yang Anda buat itu aman dan pastikan juga nyala api tidak terlalu besar. Karena nyala api ditempat terbuka cukup berbahaya, terlebih bila terkena terpaan angin besar dapat memicu terjadinya kebakaran. Jangan menaruh bahan bakar berkualitas di dekat api karena ini akan menimbulkan bahayan bagi semua orang.

 

  1. Waspada saat menyalakan lilin

Bila akan menyalakan lilin, gunakanlah alas yang terbuat dari besi dan jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar dan dari jangkauan anak-anak.

 

  1. Merokoklah ditempat yang aman

Merokok merupakan salah satu aktivitas manusia yang berkaitan dengan api. Oleh karenanya, bila Anda akan merokok, merokoklah di area merokok. Jangan merokok di beberapa tempat yang dapat menimbulkan bahaya percikan api seperti merokok di dekat dapur, karena di area dapur terdapat kompor gas yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Hindarilah merokok di kamar atau ruangan tertutup, selain asapnya yang dapat mengganggu pernafasan juga bisa menjadi membahayakan bila Anda terlelap dalam kondisi rokok masih di tangan dalam kondisi menyala. Hal ini dapat menimbulkan terjadinya kebakaran.

 

  1. Buanglah puntung rokok ke tempat yang aman.

Bila Anda selesai merokok, buanglah puntung rokok ke tempat yang aman dan jauhkan dari sampah-sampah yang mudah terbakar. Pastikan puntung rokok sudah mati sebelum dibuang.

  1. Perhatikan penggunaan obat nyamuk bakar.

Obat nyamuk yang sering digunakan oleh masyarakat salah satunya adalah obat nyamuk bakar. Penggunaan obat nyamuk ini harus sangat diperhatikan karena sangat rawan dapat menimbulkan kebakaran. Hindari menyimpan obat nyamuk bakar dekat dengan alat/perabotan rumah yang mudah terbakar. Gunakanlah alas yang terbuat dari besi dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

 

  1. Waspadalah dengan petasan dan kembang api

Sebelum menyalakan petasan atau kembang api, perhitungkanlah jangkauan percikan bunga api yang akan menyala. Waspadalah saat menyalakan petasan atau kembang api, jauhkan dari tubuh dan benda-benda yang mudah terbakar. Dan awasilah selalu anak-anak yang sedang memainkannya.

secara keseluruhan perusahaan di indonesia yang benar-benar fokus dalam memperhatikan keselamatan kerja bagi para pegawainya adalah perusahaan milik negara yaitu pertamina, yang mana pertamina mengusung tema ” pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ” ini dapat di lihat dari kegiatan csr yang di lakukan oleh pertamina dalam setiap aktivitas atau program csr nya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s