Toe Cap Pengaman Sepatu Safety

Steel-Toe-Caps

Ciri paling Khas dari sepatu safety adalah tempurung pengaman yang disebut Toe Cap, yang menjadi tumpuan utama sepatu safety. Toe Cap adalah tempurung yang tebuat dari besi baja yang di pasang di ujung sepatu safety. Fungsi dari Toe Cap ini agar jari-jari kaki terlindung dari hantaman, dan himpitan benda-benda yang berat yang dapat mengenai kaki. Kekuatan Toe Cap sangat mempengaruhi kualitas sepatu safety. Kualitas Toe Cap sangat ditentukan dari kekuatan kapasitanya dalam menahan hantaman, himpitan, dan terpaan benda berat. Semakin kuat Toe Cap dalam menahan terpaan benda berat, kualitas Toe Cap semakin bagus dan harga Toe Cap juga semakin mahal begitupun sebaliknya. Jika ditinjau dari kekuatan dan kapasitasnya Toe Cap dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Toe Cap yang terbuat dari besi baja
2. Toe Cap yang terbuat dari Fiber

Toe Cap diproduksi oleh beberapa Negara yaitu Jerman, Cina, dan Indonesia. Namun dalam penggunaannya tentunya produksi dalam negeri akan lebih baik karena lebih terjangkau. Hasil Toe Cap dari Negara Jerman lah yang harganya sangat mahal, karena kualitas produk jerman sangat bagus dari produksi Negara-negara lain. Selain itu Toe Cap produksi Jerman juga telah mendapatkan sertifikat ISO 9001 (EN 12468).

Berdasarkan pengalaman, kecelakaan kerja banyak terjadi pada jari-jari kaki. Sepatu safety, merupakan suatu syarat bagi perusahaan, sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan kerja karyawan. Selain itu, merupakan suatu syarat untuk memperoleh ISO dan penghargaan nasional maupun internasional. Karena syarat untuk memperoleh keselamatan kerja merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan, salah satu persyaratannya adalah mempergunakan sepatu safety. Konsumen yang menggunakan sepatu safety merupakan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang proyek pembangunan, perusahaan gas, perusahaan pertambangan, perusahaan oil, kontraktor pembangunan jalan, karyawan di rig dan lepas pantai, perusahaan pertambangan, perhotelan, pengelolaan gedung, pabrik baja, pabrik mobil, pabrik pesawat, pabrik sepatu safety dan lainnya.

Memilih Sepatu Safety untuk Pekerja Lapangan harus memperhatikan berbagai hal, disamping biaya dan desain juga tidak kalah penting adalah pertimbangan lingkungan kerja.

Proyek Pengaspalan Jalan
Proyek jenis ini biasanya membutuhkan sepatu safety dengan bahan kulit asli dan sol karet. Baiknya memilih model tanpa tali atau memakai resleting samping, sehingga sepatu tetap awet meski terkena aspal cair yang masih mendidih. Jika memakai safety shoes bertali maka bagian talinya akan mudah putus dan kurang praktis untuk melepas dan memakai sepatu.
Pertambangan Batu bara dan Minyak Bumi
Pertambangan merupakan salah satu lingkungan kerja beresiko tinggi sehingga membutuhkan sepatu safety dengan spesikasi khusus, Model boot tinggi dapat melindungi mata kaki dan betis. Sol tahan minyak dan berbahan PU (polyurethane) untuk pertambangan minyak bumi. Sol karet pentil (sol DR rubber) tahan benda tajam untuk pertambangan batu bara dan bijih besi. Dapat juga sol PU dengan tambahan pelat besi di dalam sol untuk mencegah tusukan paku atau benda tajam lainnya.
Pabrik Semen dan Beton
Pabrik semen atau beton membutuhkan sepatu safety boots tinggi, untuk melindungi dari siraman semen dan bahan kotor lainnya. Gunakanlah sepatu safety dengan sol karet pentil.
Pabrik Kelapa Sawit dan Gula
Pabrik kelapa sawit dan pabrik gula ini membutuhkan sepatu safety dengan sol Tahan Minyak. Gunakan sepatu Safety yang cocok dengan medan kerja. Pembersihan sepatu setelah dipakai akan meningkatkan usia pakai. Anda dapat memakai sepatu safety dengan model yang pendek-sedang atau boot disesuaikan dengan tempat kerja. Usahakan memakai sepatu safety yang tanpa tali, untuk memudahkan pemakaian.
Pabrik Peleburan Besi dan Baja
Pabrik besi juga lokasi kerja dengan resiko tinggi. Pakailah sepatu safety dengan model yang menutup mata kaki atau boot tinggi. Pilihlah sepatu safety dengan resleting karena lebih tahan panas dan tahan percikan api atau baja cair. Jika di dalam ruangan bersuhu tinggi (di atas 100 derajat celcius).
Proyek konstruksi Gedung dan Perumahan
Gunakan sepatu safety Boot safety atau middle boot yang menutup mata kaki. Untuk menghindari tertusuk paku, disarankan menambahkan plat besi pada telapak kaki didalam sol.
Dapur Restoran dan Pabrik Mamin
Untuk dapur (kitchen) dan restoran sangat disarankan memakai sepatu safety shoes dengan sol yang anti slip. Sehingga pemakai tidak mudah terpeleset ketika lantai dapurnya licin terkena minyak. Biasanya memakai sepatu model pendek dengan elastic samping, sehingga lebih praktis.
Pabrik Kimia
Untuk pabrik atau lokasi yang mengandung bahaya bahan kimia, diwajibkan memakai sepatu safety dengan spesifikasi Acid Resistant atau Chemical Resistant, sehingga pemakai terhindar dari resiko cacat akibat terkena tumpahan bahan kimia berbahaya. Bisa memakai model pendek atau sedang, disarankan yang slip on (tidak bertali) agar lebih praktis.
Pelabuhan dan Bandar Udara
Lokasi kerja ini berkaitan dengan bahan bakar, air, aftur dan benda cair lainnya. Dengan tambahan sol anti slip, bisa memakai sepatu safety pendek atau sedang dan bisa memakai tali atau tanpa tali.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s